Sabtu, 03 Desember 2011

Cara membuat jurnal

JURNAL BELAJAR
A.    BIODATA
Nama                                      : Dewi Abdul Gani

Nim                                         : 10540 3046 09

Kelas                                       : VL

Jurusan                                  : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
                                                 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mata Pelajaran                      : Strategi Pembelajaran IPA

Waktu Pelaksanaan : Pada saat menerima pelajaran
                                                 Selasa, 22 november 2011



B.     SISTEMATIKA
Memahami tentang strategi pembelajaran ipa, kita harus mengetahui apa itu strategi pembelajaran, strategi pembelajaran adalah sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Guru memilih strategi pembelajaran dengan pemikiran yang jernih dan mampu kreatif dalam kegiatan pembelajaran ,agar strategi yang diterapkannya berjalan dengan efektif dan efesien.

C.    ISI JURNAL
Ø  Eksplorasi konsep
Dalam mempelajari strategi pembelajaran ada pula dikatakan dengan teori konstruktivistik yang menyatakan bahwa anak-anak diberi kesempatan agar menggunakan strateginya sendiri dalam belajar secara sadar sedangkan guru yang membimbing siswa ketingkat pengetahuan yang lebih tinggi,
Namun ada juga pendapat yang menyatakan tentang teori konstruktivistik menjelaskan bahwa manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan cara mencoba member arti pada pengetahuan sesuai dengan pengalamannya.

Pada dasarnya ada empat prinsip konstruktivistik antara lain:
Ø  Setiap orang membentuk pengetahuan atas apa yang sebenarnya
Ø  Pengetahuan yang sudah dimiliki mengubah informasi yang diterima
Ø  Peserta didik membentuk realitas berdasar kepada keyakinan yang dimiliki
Ø  Peserta didik memadukan apa yang mereka yakini dan apa yang benar-benar mereka amati
Siklus belajar dalam strategi pembelajaran teori konstuktivistik sebagai berikut :

       Melibatkan
 


       Evaluasi
       Perluasan
       Penjelasan
       Eksplorasi
        






           
a.       Melibatkan adalah menfokuskan secara merangsang pemikiran dan mengetahui pengalamannya.
b.      Eksplorasi adalah aktivitas yang memberikan waktu kepada peserta didik untuk berfikir  dan menyelidiki atau menguji atau membuat keputusan atau memecahkan masalah  dan mengumpulkan  informasi.
c.       Penjelasan adalah aktivitas yang memungkinkan peserta didik untuk menganalisa  hasil eksplorasi
d.      Perluasan adalah aktivitas yang akan memperluas dan mensolidkan pemikiran siswa  dan mengaplikasikannya pada kehidupan yang nyata.
e.       Evaluasi adalah kegiatan yang memungkinkan guru untuk mengakses pemahaman konsep keterampilan proses dan aplikasi.
setelah mempelajari tentang strategi pembelajaran  dan teori konstruktivistik, dan adapun yang telah dipelajari tentang PBL ( Problem Based Learning ) pembelajaran berbasis masalah. Dimana PBL yaitu pembelajaran dimana siswa mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri dan mengembangkan keterampilan tingkat tinggi, kemandirian serta perca diri.

v  Ciri-ciri PBL antara lain :
Ø  Mengorentasikan siswa kepada masalah autentik ( jelas dan bias dievaluasi )
Ø  Menghasilkan produk atau karya dan memamerkannya
v  PBL digunakan jika :
Ø  Bila mengajarkan keterampilan berfikir dan mengajarkan memecahkan masalah
Ø  Melatih pemodelan orang dewasa.

D.    Kaitannya dengan materi yang dipelajari
Dari keterangan diatas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa teori ini memberikan keaktifan terhadap manusia untuk belajar menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan atau teknologi, dan hal lain yang diperlukan guna mengembangkan dirinya sendiri.
Dengan demikian, seorang pendidik dibantu untuk mengarahkan sisiwa dalam pembentukan pengetahuan mereka yang lebih tepat. Teori perubahan konsep sangat membantu karena mendorong pendidik agar menciptakan suasana dan keadaan yang memungkinkan perubahan konsep yang kuat pada murid sehingga pemahaman mereka lebih sesuai dengan ilmuan.
Berkaitan dengan siswa dan lingkungan belajarnya bahwa siswa tidak dipandang sebagai sesuatu yang pasif melainkan memiliki tujuan serta menekankan bagaimana pentingnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pengaitan sejumlah gagasan dan pengkonstruksian ilmu pengetahuan melalui lingkungannya.
E.     Refleksi

Pada pembelajaran  kali ini, saya mendapatkan ilmu tentang strategi pembelajaran serta teori konstruktivistik yang sangat bermanfaat di laksanakan bagi seorang pendidik pada saat mengajar, serta lebih mudah diterapkan kepada peserta didik, dengan pengetahuan peserta didik yang didapatkan dari luar akan dikembangkan lagi pada proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar: